Senin, Februari 12, 2018

[HOW-TO] Flashing Firmware Xiaomi Yi Secara Offline

Sebenarnya Saya sendiri sudah lama punya Action Cam bermerk Xiaomi Yi ini, cuma sekarang baru sempat untuk nulis serba - serbi action cam ini. Dan untuk kali ini saya bakalan membahas soal flashing firmware xiaomi yi secara offline. 

Ga berpanjang kata, langsung aja ke how - tonya :)

1. Umumnya proses flashing xiaomi yi ini relatif mudah, bahan - bahan yang akan dipersiapkan adalah sebagai berikut :
- Action Cam Xiaomi Yi (Pastinya)
- Kabel Data
- Working Internet Connection
- dan Firmwarenya

2. Firmware Xiaomi - Yi sendiri bisa didownload dengan mudah disitus resminya. berikut link downloadnya (Firmware Xiaomi - Yi), hal yang harus diperhatikan berikutnya adalah serial number dari yi cam yang temen - temen punya. Untuk lebih mudahnya lihat gambar berikut. 
Downloadlah sesuai dengan serial number yang tertera di yi cam temen - temen untuk menghindari brick akibat salah flashing firmware.
3. Dan kebetulan yang saya punya adalah Z23L, maka saya download firmware sesuai dengan serial number tersebut. Sizenya sendiri kurang lebih 42 - 43 Mb-an. 

4. Setelah di download, hubungkan kabel data ke laptop atau ke pc menggunakan kabel data, atau bisa juga dengan memasukkan kartu sdcard yi cam  pada sdcard slot yang tersedia. sebelum memindahkan file firmware hasil download ada baiknya untuk memastikan batere yi cam dalam keadaan full atau minimal 90%, lalu format sdcard yi cam. Setelah di format maka pindahkan file firmware tersebut ke folder terluar dari sdcard atau dikenal dengan root. oh ya, jangan lupa untuk me-rename file firmware dari "1495001592451_fw" menjadi "firmware.bin".

 5. Setelah itu cabut kabel data dari laptop / pc dan yi cam, atau setelah file dipindahkan ke sdcard (jika menggunakan sdcard slot) . Lalu nyalakan yi camnya , maka yicamnya akan memulai proses flashing firmware yang ditandai dengan  bunyi beep dan Led hidup / berkedip, jika sudah tidak ada bunyi beep dan Led mati maka flashing firmware sudah selesai. Hal yang penting untuk diingat jangan sekali - sekali memencet tombol power saat proses flashing, ini akan mengakibatkan terganggunya proses flashing dan akan membahayakan yi cam.

6. Jika langkah diatas selesai, maka hidupkan yicamnya dan pakailah seperti biasa. jika bingung temen - temen bisa liat langsung tutorial flashing firmware yi cam di youtube.

Itu tadi adalah proses flashing Action Cam Xiaomi Yi, mudah - mudahan bisa membantu temen - temen untuk flashing agar yi camnya tetap up to date firmwarenya. Sampai ketemu dilain waktu. :)
Share:
Lokasi: Kelapa, West Bangka Regency, Bangka Belitung Islands, Indonesia

0 komentar:

Posting Komentar