Senin, Februari 12, 2018

[HOW-TO] Menyembunyikan Folder di Windows dengan Modal Notepad!

Seiring dengan berkembang pesatnya teknologi, bukan hal yang baru lagi jika saat ini sudah banyak tools atau software yang mendukung privasi kita sebagai end user dalam hirarki penggunaan teknologi. Salah satunya tools menyediakan fitur – fitur untuk menyembunyikan file – file atau folder bersifat pribadi yang kita punya. Jika kita googling sedikit saja maka akan banyak muncul bermacam – macam software yang mempunyai fungsi tersebut, ada yang gratis dan open source dan tentu saja ada juga yang berbayar. Nah, Untuk kali ini saya pengen ngasih tau cara nyembunyiin file atau folder tanpa kita mesti ribet download software.

Kali ini modal yang harus kita punya cuma notepad, notepad++ atau software sejenis yang mendukung untuk menulis catatan atau note yang nantinya akan disimpan dalam ekstensi .bat. Setelah bertapa bareng mbah google sepanjang pagi akhirnya saya menemukan cara yang klasik untuk menyembunyikan file atau folder pribadi yang kita punya tanpa mesti install tools apapun, cukup modal notepad!, oke ini lebay. Nah, dengan cara ini kalian bisa menyimpan folder – folder pribadi baik yang berisi cuma foto gebetan sampe file – file dosa IYKWIM.

To the point, berikut kode program yang harus kalian copas ke notepad kalian dan jangan lupa save dengan nama Locker.bat.

cls
@ECHO OFF
title Folder Private
if EXIST "HTG Locker" goto UNLOCK
if NOT EXIST Private goto MDLOCKER
:CONFIRM
echo Are you sure you want to lock the folder (Y/N)
set/p "cho=>"
if %cho%==Y goto LOCK
if %cho%==y goto LOCK
if %cho%==n goto END
if %cho%==N goto END
echo invalid choice.
goto CONFIRM
:LOCK
ren Private "HTG LOCKER"
attrib +h +s "HTG LOCKER"
echo Folder Locked
goto End
:UNLOCK
echo Enter Password to unlock folder
set/p "pass=>"
if NOT %pass%== passwordmu goto FAIL
attrib -h -s "HTG LOCKER"
ren "HTG LOCKER" Private
echo Folder Unlocked Successfully
goto End
:FAIL
echo invalid password
goto end
:MDLOCKER
md Private
echo Private Created Successfully
goto End
:End
 Anyway, pada line yang berisi “if NOT %pass%==” setelahnya diisi dengan password yang mudah kalian ingat tapi ga mungkin mudah ditebak orang. Setelah selesai maka save filenya di tempat yang kalian pengen, terserah dimana. Copy-lah locker.bat tersebut ke drive atau ke tempat dimana folder yang ingin disembunyikan.



Jalankan locker.bat tersebut maka kalian bakal nemuin folder bernama Private. Sedikit penjelasan sebelum kita lanjut, sebetulnya pada perintah awal dari koding diatas yaitu untuk membuat sebuah folder bernama Private, nah di folder inilah kalian bisa menyembunyikan semuanya. Entah itu hal – hal baik atau sampai aib terkotor kalian, bhahaha.


 Jika semua sudah selesai dipindahkan maka jalankan lagi locker.bat tadi, dan akan muncul dialog konfirmasi seperti screenshot dibawah ini, tekan Y dan enter maka voila, folder Private tadi akan hilang dengan sendirinya tentu saja, karena di koding yang kita punya sebelumnya ada line kode program yang berfungsi mengubah attribute si folder Private menjadi hidden dan menjadi folder system yang tak akan ditemukan jika hanya dengan memilih show hidden file, folders and drives pada jendela folder options.


Kalo kalian pengen ngeliat foldernya lagi, maka klik locker.bat tadi dan masukkan password yang kalian sudah isikan pada koding sebelumnya. Gotcha,maka folder private tadi akan muncul lagi dengan sendirinya.


 Jika ingin lebih ajib maka centang opsi hidden pada locker.bat dan kalian bisa menjalankan file locker.bat dengan cara seperti dibawah ini. Ketik locker.bat pada adressbar di lokasi dimana kita menaruh locker.bat. Lalu tekan enter maka locker.bat akan berjalan secara otomatis.



Untuk kalian yang galau karena ngerasa filenya hilang dan ga bisa nemuin folder yang dibikin oleh locker.bat dan juga mungkin lupa password, ada beberapa solusi nih. Yang pertama, jika kalian lupa password, klik kanan pada locker.bat lalu pilih opsi edit atau open with notepad. Ganti dengan password yang baru pada line koding password. Yang kedua kalo ga bisa nemuin folder yang locker.bat bikin, sebenernya mudah aja sih buat nampilinnya. Biarkan screenshot dibawah ini menjelaskannya, hehe.


Masuk jendela folder option, pilih show hidden file, folder and drives serta untick pilihan hide protected operating system files (recommended), jika ada warning seperti gambar diatas maka klik aja yes. Ga akan berbahaya selama kalian ngga maen – maen sama file atau folder yang terletak di drive C atau drive tempat OS kalian bernaung. Dan voila, folder Private tadi akan muncul tapi, dengan nama yang berbeda kali ini. Yaitu, HTG LOCKER. Yap, jika foldernya ditampilkan dengan cara seperti ini maka akan berubah namanya. Anyway, jika sudah maka kembalikan settingan folder option pada settingannya semula.

Nah, selesai sudah segala prosesi penyembunyian hal – hal (aib) pribadi. Jika kalian ingin mencoba ini dirumah, di computer sekolah atau di laptop gebetan maka resiko ditanggung penumpang ya. Oh iya, jika ada yang mengetahui siapa yang awalnya membuat script ini bisikin saya ya. Sementara kredit script ini saya serahkan kepada mbah google. Saya hanya meneruskan ilmu ini dan membuatnya agar lebih mudah dipahami. 

Good Luck!
Share:
Lokasi: Kelapa, West Bangka Regency, Bangka Belitung Islands, Indonesia

0 komentar:

Posting Komentar