Minggu, Februari 18, 2018

[Tips] Menghindari Pelanggaran Copyrighted Content di Youtube

Akhir - akhir ini banyak banget ya Warganet yang mulai aktif dalam bidang Blogging maupun Vlogging, dari membahas hal - hal yang sederhana, Vlog lucu hingga tips - tips dan tutorial. Saya sendiri pengen coba juga sih ngevlog, dan aktif menjadi seorang Youtubers, haha.

Nah ngomongin soal Youtube, seorang youtubers pasti ngga pernah lepas dari yang namanya Copyrighted content, entah itu foto, video ataupun musiknya. Dan ini juga terjadi pada saya ketika mengunggah sebuah video highlights di akun youtube komunitas. Jadi ceritanya sekitar beberapa bulan yang lalu komunitas menghadiri sebuah acara kompetisi Stand Up Comedy di Bangka, tepatnya di Kota Sungailiat. Nah, selesai dari acara, tim multimedia komunitas mulai deh tuh edit - edit dan kebetulan untuk backsound video highlights tersebut adalah lagu dari G Eazy ft Kehlani yang berjudul Good Life. Tanpa pikir panjang saya uploadlah ke youtube dan alhasil setelah beberapa jam, dapet email dari youtube yang menyatakan bahwa saya mengunggah konten video yang melanggar hak cipta, kebetulan videonya otomatis termonetisasi mengingat akun youtube komunitas sudah verifikasi sebagai youtube partner. 

Beruntungnya sih Pihak yang punya lagu ngga menuntut apa - apa, musiknya juga mereka bilang boleh  dipake asal videonya tidak di monetisasi dan juga harus menambahkan credit terhadap mereka di deskripsi video. Berikut screenshot lampiran pelanggaran hak cipta yang saya lakukan. (abaikan tab yang kebanyakan)

(doc : suckelapa)



















Nah, untuk menghindar agar hal yang terjadi pada saya tidak terjadi ke temen - temen, maka setidaknya saya punya 3 tips untuk menghindari hal semacam ini, ga berpanjang kata lagi langsung deh check this out!

1. Konten Harus Original

(doc:Google Images)

Pastikan konten yang temen - temen unggah ke youtube adalah original buatan temen - temen sendiri, bisa dari ide cerita, konsep video dan lain - lain. Jika terinspirasi terhadap konten video lain maka buatlah sebeda mungkin sehingga tidak ada yang namanya plagiasi dalam unggahan konten kita.
Usahakan selalu datang dengan konsep dan ide - ide baru sehingga kita selalu mengunggah konten - konten segar yang tentunya adalah hasil dari buah pikiran kita sendiri.

2. Gunakan Konten Copyright Free
(doc:Google Images)


Belakangan ini banyak banget musik -music yang sifatnya copyright free sehingga bebas untuk digunakan dan kita pun bisa tetap memonetisasi konten video kita. Begitupun untuk konten seperti foto, footage video sudah banyak banget yang free to use. Hal ini tentu saja bakalan sangat membantu temen - temen untuk lebih berkreasi lagi tanpa takut adanya pelanggaran hak cipta yang dilakukan. Dan dilain sisi temen - temen bisa tetep cari duit (hehe money oriented). nah berikut beberapa situs yang kontennya copyright free atau free to use yang bisa temen - temen akses.

a. No Copyright Sound
    Nah, situs No Copyright Sound ini menyediakan banyak banget musik - musik yang sifatnya free to use, genre apapun ada, dan kabar bagusnya selain disitus resmi, No Copyright Sound juga membuat sebuah channel Youtube yang bisa temen - temen akses secara langsung saat membuka youtube (Channel No Copyright Sound).

b, Audio Library Channel
  Hampir sama seperti No Copyright Sound, channel youtube Audio Library juga menyediakan musik- musik yang free to use dan bebas hak cipta.

c. Pixabay
  Situs ini menyediakan hampir semua konten seperti gambar dan video yang free to use. Yang slogannya "Free images and videos you can use anywhere", kita bisa dengan bebas menggunakan gambar atau video dari situs ini.

d. Image Source (Royalty Free)
    Senada dengan Pixabay, disitus ini kita bisa menggunakan stok - stok image yang sifatnya free to use.

e. Videvo
   Di Situs Videvo ini kita bakalan menemukan banyak banget stok - stok footage video yang bisa kita gunakan dan tentu saja copyright free. Dengan resolusi HD dan 4K situs ini jadi pilihan yang tepat bagi temen - temen yang membutuhkan stok footage video yang bisa dengan bebas digunakan dan dimodifikasi.

f, Videezy
Dan yang terakhir adalah situs video Videezy, sama dengan videvo, situs ini juga menyediakan stok footage video yang bisa kita gunakan bebas.

Sebenernya banyak lagi sih situs - situs yang menyediakan konten yang bersifat copyright free, tapi ke-6 situs ini merupakan rekomendasi bagi temen - temen untuk memperkaya stok - stok konten copyright free.

3. Berikan Credit
Ini sangat penting mengingat semua orang yang membuat konten di jagat digital ini tidaklah instan, tentu saja ada usaha, ide, waktu dan hal lain yang dikorbankan demi konten tersebut. Untuk menghormati sang pembuat konten jangan lupa untuk selalu memberikan credit di setiap deskripsi konten yang kita unggah atau dari setiap artikel yang kita kutip. Dengan begitu berarti kita sudah menghargai dan menghormati sang pembuat konten.


Nah, demikianlah tips -tips dari saya, semoga bisa bermanfaat, tetap berkreasi, sampai jumpa di lain waktu :)

Sumber :
Pengalaman Pribadi
Google Images
Google
Youtube 
Share:
Lokasi: Kelapa, West Bangka Regency, Bangka Belitung Islands, Indonesia

0 komentar:

Posting Komentar