Selasa, Februari 13, 2018

Mengenal Teknologi PDAF Pada Kamera

Kamera sendiri sudah menjadi bagian dalam hidup manusia, banyak hal yang bisa diabadikan dengan kamera. Mulai dari hal - hal yang paling ga penting dan unfaedah sekali hingga momen - momen sakral seperti wisuda dan pernikahan. Semakin hari teknologi kamera terus berkembang hingga bisa kita lihat saat ini kamera bukan merupakan sebuah barang yang hanya segelintir orang yang bisa memilikinya. Dengan harga yang relatif bisa dirogoh oleh kocek semua kalangan kamera saat ini menjadi kebutuhan yang sangat diperlukan dalam lini apapun termasuk everyday selfie haha..

Untuk kali ini saya tidak akan membahas sejarah kamera (yang mana akan panjang sekali jika ditulis), saya akan membahas secara singkat sebuah teknologi yang dikenal sebagai PDAF dimana teknologi ini membantu kamera untuk memiliki tingkat autofokus yang bagus untuk memfoto objek yang bergerak. Selain itu agar membantu kamera untuk menentukan fokus secara cepat. PDAF sendiri merupakan singkatan dari Phase Detection AutoFokus dimana teknologi AutoFokus ini didasarkan pada prinsip yang sederhana yaitu saat tidak ada perbedaan fase maka akan dianggap fokus. Berikut ilustrasi bagaimana penggunaan teknologi PDAF dalam mengambil gambar baik gambar dengan objek yang bergerak atau gambar dengan objek yang jauh/dekat. 

Case 0.1. Mengambil gambar dengan objek yang bergerak


Case 0.2 Mengambil gambar dengan objek yang dekat/jauh


Bagaimanapun teknologi PDAF ini merupakan salah satu solusi dalam kebutuhan untuk memfokuskan gambar dengan cepat tetapi teknologi ini kurang bagus jika diterapkan dalam kondisi yang kurang cahaya, di area datar dan pada pola sejajar mbuhlah gimana bahasanya. PDAF senndiri mempunyai teman yang bernama CDAF dimana CDAF akan bekerja menentukan fokus berdasarkan keadaan yang paling kontras ketika kamera diarahkan ke objek. Kedua teknologi ini baik CDAF dan PDAF merupakan teknologi phase detection yang sama - sama mempunyai kekurangan dalam kondisi yang kurang cahaya hanya saja untuk soal kecepatan autofokus, PDAF lebih unggul. Selain kedua teknologi tersebut ada Hybrid AF yang merupakan gabungan dari keduanya serta Assist AF yang membantu teknologi phase detection menutupi kekurangannya seperti Infrared AF, Laser AF dan lain - lain. 

Teknologi PDAF sendiri saat ini tak terbatas hanya dibenamkan pada kamera tetapi juga pada smartphone dimana dengan teknologi ini diharapkan fotografi tak terbatas hanya pada kamera saja tetapi juga melalui smartphone sehingga orang mempunyai banyak pilihan untuk mengembangkan kreatifitasnya. Dan untuk saat ini pun sudah banyak produsen - produsen smartphone yang membenamkan teknologi ini sebagai nilai tambah dalam penjualan smartphone mereka. 

Terakhir, kesimpulannya adalah PDAF yang merupakan teknologi yang bagus dalam kecepatan mengatur fokus, teknologi autofokusnya yang mampu mengunci fokus lebih cepat dan tepat hanya dalam waktu 0,3 detik, baik saat obyek foto bergerak,  baik dengan jarak yang jauh atau dekat.Hanya saja masih lemah ketika dihadapkan dengan noise dan kondisi cahaya yang kurang. 


Sumber bacaan :














x
Share:
Lokasi: Kelapa, West Bangka Regency, Bangka Belitung Islands, Indonesia

0 komentar:

Posting Komentar