Minggu, Februari 18, 2018

[HOW-TO] Bikin Kuping Jedak - Jeduk dengan Equalizer APO

Berhubung Saya mau lunasin banyak hutang posting tahun kemaren yang Saya rasa mubazir banget. Ya, tahun kemaren Saya cuma bisa menulis satu atau dua postingan disini, writer block dan juga kerjaan jadi faktor, selain itu karena males juga sih. Untung writer blocknya ga ikut – ikutan ngaruh ke kerjaan.Mulai hari kemarin Saya kembali bergairah untuk menulis. Bukan apa – apa sih, hanya untuk mengisi waktu Saya yang terlampau banyak santainya.

Okeh, kita langsung saja ke poinnya, kali ini Saya pengen mengajak kalian ngutak – ngatik windows lagi, hehe. “eh, Rick tapi lu kan pegiat open source, kok maennya windows mulu sih?”, “kalem, kapan – kapan Saya bakalan bagi juga hal – hal opensource dan linux tentunya. Kali ini maen jendela dulu.”

Nah, kali ini Saya pengen berbagi tentang salah satu tools yang selama ini sangat bermanfaat bagi kelangsungan hidup kuping Saya. Ya, Saya seorang audiophile yang rasanya kurang lengkap jika tengah bekerja didepan laptop tanpa menghidupkan musik. Dari pengalaman yang Saya dapat selama menggunakan tools equalizer ini, dibandingkan tools – tools serupa yang bermain dibidang equalizer, tidaklah sulit untuk menginstall serta mengkonfigurasinya. Hasil atau output dari tools equalizer ini pun tidaklah mengecewakan, bisa dikatakan tools ini simpel dan bermanfaat sekali jika kalian seorang yang demen dengerin musik. Plusnya, Equalizer ini enak buat jedak - jeduk, berpengaruh banget sama kualitas suara yang dikeluarkan oleh speaker / headset. Lebih mantap lagi jika di duetkan dengan musik player seperti AIMP.
Minusnya tools ini adalah tidak ada GUI yang bisa mempermudah mengkonfigurasi equalizer. Tapi, tenang seorang member situs sourceforge.net sudah membuatkan sebuah GUI sederhana sebagai jawaban untuk kemudahan pengguna tools equalizer ini.

Ngomong-ngomong, Saya yakin belum banyak dari kalian yang pernah nyoba tools ini atau tau tentang tools ini (maapkan Saya yang sok tau ini), soalnya Saya juga taunya baru setahun terakhir ini, bhahaha. Sebagai awalan, yang kita butuhkan disini adalah software EqualizerAPO dan Peace GUI sebagai antarmuka pengguna yang akan mempermudah kita menkonfigurasi preset equalizer. Hehe, download link Saya sertakan dibawah atau langsung saja cari di sourceforge.net.  downloadnya jangan ketuker yak antara yang 32bit dan 64bit. Ntar sama kek Saya malah salah download, haha. Niatnya mau download buat laptop Saya yang bersistem 32bit, malah ke download yang 64bit. Oke ini murni human errornya karna malesnya Saya baca tulisan dan langsung klik – klik download aja.

Jika kedua file yang kita butuhkan sudah ada maka kita siap lanjut ke langkah selanjutnya. Pertama – tama jalankan installer EqualizerAPO yang sudah terdownload tersebut. Nanti kalian akan ketemu sama antarmuka instalasi yang Saya yakin kalian sudah paham. Disini Saya akan menjelaskan poin – poin penting yang bakalan ada selama instalasi saja. Simpelnya sih klik next – next saja untuk beberapa langkah dibawah ini, hehe. 







Centang opsi yang tersedia dibawah jika kalian ngga mau bikin shortcut folder dan program di start menu. Tinggalkan jika ya dan klik install untuk memulai proses instalasi.


Centang pada opsi yang terdapat pada playback device. Tinggalkan opsi dibawahnya serta opsi yang ada pada capture device karena masih dalam tahap experimental.


Jika kalian kurang yakin dan ingin mencoba menggunakan opsi yang ada pada capture device, maka kalian bisa mengakses melalui start menu, cari folder EqualizerAPO dan pilih configurator, maka kita akan dibawa kembali ke jendela opsi diatas. Untuk saat ini klik saja OK untuk melanjutkan proses instalasi. 


Setelah proses instalasi selesai, maka reboot laptop atau computer kita dengan mengklik finish.


Setelah selesai di reboot, maka kita lanjut dengan memulai membuat Peace GUI sebagai antarmuka pengguna EqualizerAPO yang sebelumnya sudah selesai kita install. Pindahkan program Peace GUI yang telah kita download tadi ke folder C:\Program Files\EqualizerAPO\config (tergantung drive tempat kalian menginstallnya).


Setelah selesai dipindahkan, biar Peace GUInya lebih mudah diakses maka buatlah shortcut Peace GUI ke desktop.


Nah, jika sudah, bukalah shortcut Peace GUI tadi dan kita akan dihadapkan pada pilihan untuk memilih antarmuka pengguna yang komplit atau sederhana. Pada step ini sudah user choice sih.
Sampai disini, silahkan kalian mulai bereksperimen sendiri preset yang mana yang cocok untuk kuping kalian. Atau kalian bsa bikin preset sendiri sesuai yang kalian mau. Selamat Mencoba, Semoga Eargasm.

Sumber :
Google

Share:
Lokasi: Kelapa, West Bangka Regency, Bangka Belitung Islands, Indonesia

0 komentar:

Posting Komentar