Selasa, Februari 20, 2018

[HOW-TO] Bikin Keren Tampilan Wikipedia di Browser Chrome dengan Wikiwand!

Setelah mengalami kesibukan selama 2 hari 2 malem akhirnya saya jadi juga nulis tentang ini sebenernya males. Jadi, untuk kali ini akan saya buat sesingkat - singkatnya dan tak seribet - ribetnya. Untuk kalian yang sering baca wikipedia pasti bosen dengan tampilan yang begitu - begitu aja, dengan background putih ala wiki dan tampilan yang ga bisa dikustomisasi alias stuck dengan tampilan begitu doang. Makanya untuk kali ini saya akan kasih cara supaya tampilan wikipedia di browser chrome kalian menjadi keren dan bisa dikustomisasi. 

Untuk langkah pertama, cari extension Wikiwand di Chrome Webstore


Selanjutnya klik tombol + Add to Chrome lalu klik Add extension jika muncul pop up seperti ini


Sampe sini saya rasa sih untuk penginstalan extensi pada browser chrome sudah pada familiar lah ya, nah, setelah extensi berhasil diinstall maka kita bisa melihat halaman konfirmasi sebagai berikut


Untuk mencoba silakan klik beberapa link yang sudah disediakan oleh pihak Wikiwand di halaman konfirmasi tersebut. Saya sendiri mengklik link yang berjudul Glass dan hasilnya akan terlihat seperti ini. Tampilannya wikinya akan terlihat lebih segar, kompleks dan juga memiliki beragam opsi tambahan untuk digunakan sebagai alat kustomisasi halaman wikinya. Seperti yang terlihat digambar berikut, di pojok kanan atas rata dengan adress bar terlihat icon extensi wikiwand, selain itu jika kita klik tanda gear atau roda gigi maka akan tampil alat kustomisasi yang terdiri dari pilihan tampilan, jenis huruf yang mana hanya support 2 jenis font yaitu font serif dan font sans, lalu ada juga tombol night mode, tombol ukuran huruf hingga opsi justify agar teks rata kiri - kanan. Masih kurang keren? kita bedah lebih lanjut kalo gitu.


Opsi keren selanjutnya adalah fitur bookmark dimana dengan fitur ini kita bisa menyimpan atau menandai artikel - artikel yang belum selesai kita baca atau ingin kita baca nanti entah itu sebagai bahan bacaan biasa atau bahan referensi tulisan. Tersedia dua pilihan bookmarks disana, bookmarks melalui extensi wikiwand atau bisa dengan menyambungkannya dengan akun facebook kita. Tapi, untuk saat ini jangan terlalu berharap untuk fitur ini karena sepertinya saat saya coba loading berjalan dengan lambat padahal koneksi internet saya stabil lho kan pake 4Gnya Smartfren, lah malah promosi. Sepertinya fitur ini masih experimental, mudah - mudahan kedepannya bisa segera diperbaiki demi kenyamanan pengguna fitur Wikiwand. Jadi, untuk sementara pake aja jurus ampuh bookmarks dari jaman 1 SM, Ctrl + D. Trust me, it works!


Tapi, jangan buru - buru kecewa dulu karena masih ada fitur keren lain yang ditawarkan oleh extensi wikiwand ini, klik icon W disebelah icon bookmarks, disana kita masih bisa melihat beberapa opsi seperti read on wikipedia yang mana fitur ini untuk yang kangen baca artikel di tampilan lama wikipedia, lalu ada edit untuk mengedit artikel dimana fitur ini hanya dikhususkan untuk pengguna terdaftar wikipedia. Selanjutnya ada history yang merupakan riwayat revisi atau perbaikan suatu artikel, talkpage untuk forum diskusi, print untuk mencetak dan yang terakhir adalah download PDF yang apabila kita tinjau fungsinya adalah sebagai perangkum seluruh isi artikel dan menjadikannya dalam bentuk PDF atau buku elektronik. Sayangnya fitur ini juga masih experimental atau masih tahap percobaan sehingga belum bisa digunakan. 


Overall, Secara fungsi banyak sekali fitur - fitur yang ditawarkan untuk mempermudah dan memanjakan pengguna, tetapi dengan beberapa fitur yang masih diujicoba atau masih tahap experimental, extensi ini masih butuh perbaikan dan peningkatan. Semoga kedepannya pihak Wikiwand terus mengembangkan dan meningkatkan layanan ekstensi dan menambah opsi kustomisasi sehingga pilihan yang ada makin beragam. Semoga!

Anyway, ada berita yang kurang keren datang dari pihak Wikipedia, dimana  program Wikipedia Zero yang merupakan platform baca wikpedia secara gratis akan dishutdown di beberapa negara terutama di daerah Amerika utara dan Eropa. Wikipedia sendiri mengambil keputusan tersebut setelah menjalankan survei dimana terbukti bahwa trend membaca wikipedia di negara - negara tersebut menurun selain itu banyak masyarakatnya tidak menyadari keberadaan dan arti penting wikipedia sebagai Ensiklopedia elektronik. Padahal, untuk mengkampanyekan fungsi wikipedia,pihaknya sudah bekerjasama dengan organisasi kemasyarakatan dan internet provider setempat agar masyarakat bisa mengakses wikipedia secara gratis, bebas dari beban paket data yang mahal dan lambat. Ide yang keren namun belum begitu ditanggapi oleh masyarakat, Walaupun begitu belum jelas bagaimana pengaruh matinya layanan ini nantinya ke masyarakat. Indonesia sendiri termasuk salah satu negara yang berpartner dengan wikipedia dalam menyediakan layanan wikipedia zero. Semoga ada jalan lain dan ide yang lebih baik supaya kedepannya fungsi wikipedia bisa menyentuh segala kalangan.

Sampai ketemu dilain waktu, ciao!

Sumber bacaan :


Share:
Lokasi: Kelapa, West Bangka Regency, Bangka Belitung Islands, Indonesia

0 komentar:

Posting Komentar